[Study Case] 5 Rahasia Saya Baca Buku Penuh Semangat Membara Hingga 100 Halaman Lebih

By | December 16, 2014

Cara menghilangkan malas dalam baca buku memang sangat penting untuk disimak, karena ini berkaitan dengan masa depan anda. Jika sudah merasa malas untuk baca buku, maka bagaimana dengan masa depan anda nantinya.

Kemaren, saya sudah pernah menulis tentang hal tersebut, silahkan dibaca jika anda belum membacanya, nggak dibaca juga nggak papa 😀 Klik => 4 Cara Jitu Menghilangkan Rasa Malas Dalam Baca Buku

Dan tulisan ini adalah bagian ke-2 meski ini bukan lanjutan sih hehe, tapi tulisan Terinspirasi Dari pengalaman saya sendiri kemaren saat membeli ebook (Buku Elektronik) dan membacanya hingga tanpa terasa saya sudah melahap lebih dari 100 halaman, bahkan semangat saya masih membara, hingga saya memutuskan untuk melanjutkan bacaan saya setelah saya sholat (pamer dikit hehe)

Yeah, meskipun akhirnya saya memutuskan untuk menghentikan bacaan saya (sementara), karena saya juga ingin share pengalaman + rahasia ini kepada anda, sahabat saya. 🙂

Dan Ini yang anda tunggu-tunggu, 5 Cara saya menghilangkan malas dalam baca buku. 🙂

1. Memilih Buku Yang Sesuai Dengan Bidang/Minat Anda
Kenapa harus memilih buku yang sesuai dengan bidang atau minat anda ..?? Yupz, Jika tidak sesuai dengan minat atau bidang yang sedang anda tekuni, tentu akan membuat anda cepat bosan, namanya juga tidak srek iya nggak..??

Sebagai contoh, Jika bidang anda di pendidikan agama, maka jangan membaca buku matematika. Jika bidang anda di sosiologi maka jangan membaca buku fisika, begitupun seterusnya.

Bacalah buku yang HANYA sesuai dengan bidang atau minat yang sedang anda tekuni atau ingin anda tekuni.

2. Mempunyai Motivasi Yang Kuat
Yupz, Anda harus punya motivasi yang kuat kenapa anda ingin membaca buku, arti dari motivasi disini adalah alasan.

Yaa, anda harus memiliki alasan yang kuat kenapa anda harus membaca buku tersebut. Jika anda tidak punya alasan yang kuat, tentu anda akan langsung menyerah bahkan sebelum sampai 2 halaman anda membaca.

Sebagai contoh, saya membaca buku ini karena saya ingin tahu bagaimana cara mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta per bulan, karena saya ingin membahagian orang tua saya dengan memberangkatkan mereka ke Tanah Suci Mekkah. Karena itu, saya membaca buku ini.

Itu adalah salah satu contoh alasan mengapa saya membaca buku, dan Anda tidak harus meniru alasan yang saya contohkan di atas. Silahkan buat alasan yang sesuai dengan bidang atau minat anda. Key..!!

3. Hilangkan Gangguan
Sebelum anda membaca, perlu anda menghilangkan gangguan-gangguan yang bisa memecahkan konsentrasi anda, seperti HP, Lapar, teman atau yang lainnya yang anda anggap mengganggu.

Anda harus ‘kejam’ terhadap gangguan-gangguan tersebut demi pengetahuan yang akan anda dapatkan dari buku yang sudah anda pilih, karena jika tidak begitu, maka tidak akan pernah membaca kecuali hanya sekilas.

4. Tentukan Waktu
Ini sangat penting jika anda bisa konsentrasi penuh atau baru mulai membaca buku. Cara ke-3 dan ke-4 ini jarang saya pake, karena saya sendiri jika sudah melihat buku yang menarik bagi saya, maka biasanya saya langsung membacanya tanpa perduli kapan dan dimana saya berada. Bahkan terkadang ketika saya asyik-asyiknya ngobrol dengan dengan teman-teman saya, hingga akhirnya sayalah yang mengganggu keasyikan mereka dengan saya membaca. 🙂

Tapi, jika anda baru mulai membangun kebiasaan membaca, menentukan waktu sangatlah penting. Saran dari salah satu master, setidaknya anda menentukan minimal 30 menit setiap hari.

5. Action
Yupz, semua tidak akan ada gunanya jika anda tidak langsung membaca, jika anda tidak action.

Dan Jika sebelum action anda melakukan 4 hal di atas, maka saat membaca anda akan lupa diri dan tidak ingat alam sekitar, anda akan keasyikan membaca. Dan entah kenapa tiba-tiba buku yang anda baca sudah sampai di halaman terakhir 🙂

Pengen Menghilangkan Rasa Malas Dengan Super Cepat Lagi..??
Dengarkanlah ‘Audio Anti Malas‘ Sebuah koleksi Audio Motivasi Terpilih untuk membangkitkan semangat dan Menghancurkan penyakit malas anda. Klik Disini Untuk mendownloadnya.

Oke, sobat. Mungkin hanya ini yang bisa saya share pada tulisan kali ini tentang rahasia saya menghilangkan rasa malas saat baca buku. Jika anda tidak setuju atau ada yang mau didiskusikan, silahkan taruh di kolom komentar. 🙂

Semoga Tulisan Ini Bisa Bermanfaat, Amin..!!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *