Jangan Lagi Berkata, “Tidak Punya Waktu”. Itu Bulshit!

By | November 4, 2015

Jika setelah membaca tulisan ini, anda masih merasa tidak ada waktu untuk melakukan sesuatu yang penting, maka saya hanya bisa berkata, “Sungguh Terlalu..!!” 😀 😀 (canda aja, sobat)

Pernah tidak, anda merasa mau melakukan sesuatu tapi seakan tidak ada waktu untuk melakukannya..??

Padahal yang ingin anda lakukan itu adalah suatu hal yang bisa meningkatkan karir, bisnis ataupun impian anda.

Pusing mengalami hal tersebut..??

Tenang, sobat. Melalui tulisan ini saya akan share inspirasi kepada anda tentang waktu, jadi pastikan anda membaca hingga selesai, key..!!

Oke, sobat. Selanjutnya saya ingin bercerita. Boleh..?? 🙂

Lanjut, sob…

Jadi ceritanya begini, sobat…

Saat menulis artikel ini, saya teringat dengan apa yang sering saya katakan beberapa tahun yang lalu, tepatnya antara tahun 2007-2009.

Dan entah kenapa saya benar-benar mengingatnya dan ingin sekali membagikannya kepada anda 🙂

Yupz, saat itu saya menjadi tenaga pengajar di Lembaga Kursus Bahasa Inggris di pesantren saya. Setiap hari saya selalu meminta peserta kursus untuk menyediakan waktu khusus guna melatih diri mereka untuk mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari ketika ada di luar kelas.

Akan tetapi, setiap kali saya dan mereka bertemu di dalam kelas dan saya tanyakan tentang perkembangan mereka, jawaban mereka hanya gelengan.

Dan ternyata, setelah saya tanyakan mereka malah menjawab bahwa mereka tidak mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari setelah mereka ada di luar kelas.

Dan alasan mereka klise sekali, yaitu tidak punya waktu untuk praktek.

Namun, saya memaklumi alasan mereka, karena saya mengerti bagaimana aktifitas mereka setiap harinya, meski ada satu hal yang mereka tidak mereka sadari yang nanti akan saya ceritakan di bagian akhir artikel ini. Lanjut sob 🙂

Dan Ternyata, kejadian beberapa tahun lalu itu juga terjadi saat ini, saat saya menulis tulisan ini.

Saat ini, saya sedang membimbing teman-teman saya dalam kajian kepenulisan di kontrakan saya, dan salah satu tugas yang saya berikan adalah meminta mereka untuk menyediakan waktu minimal 20 menit setiap hari untuk praktek menulis.

Akan tetapi, lagi-lagi mereka tidak optimal dalam praktek dengan alasan yang sama, yaitu tidak punya waktu yang cukup untuk praktek.

Saya juga memaklumi alasan mereka, karena mereka adalah mahasiswa yang sehari-harinya disibukkan oleh tugas kuliah dan organisasi, namun sekali lagi ada satu hal yang juga mereka tidak sadari.

Oke, sobat. Saya tahu anda sangat penasaran sekali tentang apa yang tidak disadari oleh mereka itu, dari dua kejadian di masa yang berbeda namun dengan alasan yang sama.

Dan inilah yang mereka lupakan itu…

#Sulit Berkata “Tidak”

Yupz, inilah salah satu alasan terbesar mengapa kita sulit memiliki waktu luang. Pernahkah anda mengalami hal-hal berikut..??

==> Anda serasa tidak berdaya untuk mengatakan “tidak” saat teman anda mengajak anda main play station, padahal saat itu anda mempunyai tugas kantor yang harus segera diselesaikan.

==> Anda merasa tidak berdaya untuk mengatakan “tidak” saat kekasih anda mengajak malam mingguan, padahal saat itu anda punya tugas kampus yang harus segera diselesaikan.

==> Dan berbagai ajakan lainnya yang membuat anda tidak bisa menolaknya.

Dan ternyata, sulitnya mengatakan “tidak” ini tidak hanya untuk ajakan orang lain, tapi juga untuk diri kita sendiri. Dan ini yang lebih sulit lagi, karena kita tidak pernah menyadarinya.

Pernahkah anda mengalami hal-hal berikut ini..??

==> Anda ingin sekali ke Bioskop, padahal anda punya tugas PR yang harus segera diselesaikan. Dan ternyata, anda malah memilih pergi ke Bioskop dan mengabaikan PR anda.

==> Anda ingin sekali menulis artikel untuk dikirim ke media cetak, tapi anda malah memilih untuk ngobrol dengan teman-teman anda dan mengabaikan penulisan artikel anda.

==> dan berbagai pekerjaan lain yang sebenarnya bisa kita tinggalkan, namun kita tetap melakukannya dan mengabaikan pekerjaan yang lebih penting.

Padahal, jika kita merenung sejenak, betapa sebenarnya kita telah membuang banyak waktu berharga hanya untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya bisa kita tunda dan bisa kita tinggalkan.

Namun, seakan-akan kita tidak berdaya untuk mengatakan “tidak” untuk semua itu, dan malah meninggalkan hal-hal yang lebih penting.

Kita seakan-akan tidak berdaya, padahal kita sebenarnya mempunya kendali dan kekuatan besar dalam menjalani hidup ini.

Kita mempunyai kebebasan untuk memilih apa yang akan kita lakukan, tapi begitu seringnya kita melakukan sesuatu yang kurang penting dan bisa kita tinggalkan. Dan parahnya, kita malah meninggalkan sesuatu yang benar-benar penting untuk hidup kita.

Sampai disini, jika anda masih beranggapan bahwa anda masih belum punya cukup waktu untuk melakukan sesuatu, maka saya hanya bisa berkata, ‘Sungguh Terlalu” 😀 😀

Saya ingat dengan apa yang pernah dikatakan oleh Kang Rahmat, owner Motivasi Islami dalam salah satu tulisannya, “Kita sebenarnya bukan tidak punya waktu, tapi waktu kita digunakan untuk apa”. Luar Biasa…

Dan terakhir, jika anda ingin mengoptimalkan waktu yang anda miliki, ingin meningkatkan produktivitas dan penghasilan hingga 4x lipat, ingin mempunyai banyak waktu luang bersama orang-orang tercinta, dan ingin tidak lagi pusing karena tidak ada waktu dan pekerjaan menumpuk.

Maka saya sarankan anda untuk membaca Rahasia Revolusi Waktu, sebuah paket ebook yang ditulis oleh Kang Rahmat, seorang motivator dan specialist peningkatan produktivitas. Sudah banyak yang merasakan manfaatnya, kini giliran anda, Klik Disini untuk memiliki paket ebook tersebut dan rasakan kedahsyatannya. Ingat, jangan percaya sebelum merasakannya sendiri.

Oke, sobat. Hanya itu yang bisa saya share pada tulisan kali ini. Jika anda merasakan manfaat dari tulisan ini, silahkan “Share” ke teman-teman anda dengan menekan tombol share di layar bagian bawah. 🙂

Dan akhirnya, saya tunggu komentar anda 🙂

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *