Penyebab Kerusakan Manusia

By | December 27, 2010

Hidup didunia, hanya ada satu hal yang menjadi impian kita yaitu hidup tenang dan tentram di dunia dan di akhirat. Namun, begitu banya manusia yang salah jalan dengan menggunakan cara-cara yang salah, sehingga impian-impian yang menjadi target mereka, yaitu bahagia dunia akhirat harus hancur sebelum mereka meraihnya. ada dua hal yang seandainya tidak ada dalam diri manusia, maka manusia akan selalu tentram, tenang dan aman. tak kan pernah ada yang namanya kerusakan, kesengsaraan, dan lain sebagainya.
1. Rela terhadap Kebodohan. ngga pengen pintar, nggak mau belajar, bahkan ironisnya, ketika mereka dibilang nggak tahu (Bodoh) mareka malah tertawa, sepertinya mereka bahagia dan rela dengan kebodohan mereka, padahal antara yang bodoh dan yang tidak bodoh itu jelas tidak akan pernah sama dimata manusia ataupun disisi tuhan. Rasulullah SAW bersabda, “Dosanya orang alim itu satu dan dosanya orang bodoh itu dua” (HR. Dailami) ketika orang alim dan orang bodoh sama-sama melakukan dosa, maka yang alim mendapatkan satu dosa karena ia melakukannya, sedangkan yang bodoh mendapatkan dua dosa karena ia melakukannya dan juga ia tidak tahu kalau itu adalah perbuatan dosa.
2. Senang terhadap Dunia (Harta). Rasullah SAW bersabda, “Zuhud (Tidak Suka) terhadap hal yang bau duniawi akan membuat hati dan badan tentram. Dan suka terhadap hal yang berbau duniawi akan membuat hati dan badan tidak tentram” (HR. Thabroni) begitu banyak perkelahian yang terjadi dan ketika diusut maka alasannya tak lain hanyalah karena harta dan segala hal yang berbau duniawi.
Dan sebenarnya masih banyak lagi penyebab-penyebab yang lain namun hanya ini yang dapat saya tulis semoga bermanfaat dan semoga masih bisa dilanjutkan pada postingan selanjutnya. amein!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *