2 Penyebab Tidak Percaya Diri Berbicara di Depan Publik

By | October 11, 2014

Meningkatkan rasa percaya diri akan menentukan keberhasilan anda dan Membiarkan rasa tidak percaya diri ada dalam diri anda sama halnya dengan membiarkan kesempatan besar lewat begitu saja.

Karena itu, pada tulisan kali ini saya akan share penyebab-penyebab kita menjadi tidak percaya diri untuk berbicara di depan orang banyak.

Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, anda bisa menumbuhkan rasa percaya diri anda untuk berbicara di depan publik.

Karena, setelah mengetahui, anda juga akan menemukan solusinya, ea nggak..??

Oke, sobat. Saya tidak mau banyak basa-basi lagi, Inilah 2 penyebab tidak percaya diri untuk berbicara di depan publik, meskipun awalnya anda sudah sering tampil PeDe di depan orang banyak.

1. Lama Tidak Tampil,
Yupz, saya sering mengalami hal yang seperti ini, meskipun awalnya saya berbicara di depan orang banyak dengan begitu PeDenya, tapi setelah beberapa bulan tidak tampil, rasa percaya diri itu juga mulai luntur.

Dan ketika saya diminta oleh temen-temen untuk berbicara di depan temen-temen yang hanya berapa orang saja, jantung saya berdegup kencang dan Bahkan terkadang saya menolak permintaan temen-temen saya untuk berbicara, karena satu hal yaitu rasa percaya diri itu sudah hilang.

Padahal, sebelumnya saya sering berbicara dengan lancar di depan puluhan bahkan ratusan orang :-), tapi karena sudah lama tidak tampil, maka rasa percaya diri itu juga hilang.

Lalu, apakah anda juga pernah mengalami hal tersebut..??

Jika iya, lalu bagaimana solusinya..?? Salah satu solusi percaya diri untuk berbicara di depan orang banyak adalah dengan selalu melatih diri.

Yupz, untuk meningkatkan rasa percaya diri anda, anda harus selalu latihan setiap saat.

2. Ada Orang Yang Lebih,
Ini penyebab kedua yang juga sering saya alami, ketika saya mempunyai tugas untuk berbicara dan salah seorang yang ada didepan saya adalah orang yang lebih, baik itu guru saya atau orang yang kemampuannya lebih dari saya,

Maka rasa PeDe saya juga hilang, saya merasa kecil dan selalu takut salah.

Lalu, apakah anda juga merasakan hal tersebut..??

Jika, iya. Lalu bagaimana solusinya..?? Kalau saya sendiri nggak perduli, meski hati saya merasa kecil, merasa takut salah, saya lanjutkan saja, meski awalnya suara saya juga agak gemetar hehe

Akan tetapi, setelah biasa berbicara di depan orang-orang yang kemampuannya melebihi saya, saya enjoy saja. 🙂

Yupz, anda hanya perlu membiasakan saja untuk berbicara di depan mereka, dan rasa percaya diri itu akan muncul dalam diri anda.

Mau solusi percaya diri yang Lebih Cepat lagi..?? Silahkan tonton Video ‘The Confidence Secret’, Rahasia Teruji menumbuhkan dan meningkatkan percaya diri karya Pak Rahmat, Motivator Islami Sejak Tahun 2002.

Oke, sobat. Mungkin hanya ini yang bisa saya share pada tulisan kali ini, jika anda kurang setuju atau punya penyebab-penyebab lain, mari kita diskusikan di kolom komentar.

Akhirnya, saya tunggu komentar anda..!! 🙂

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *