1 Pelajaran Penting Dari Kenaikan BBM Yang Tidak Perlu Anda Tahu

By | November 20, 2014

Coba perhatikan di sekitar anda..!! Selalu saja ada orang yang menyalahkan keadaan, menyalahkan kebijakan, dan menyalahkan lingkungannya. Iya nggak..??

Tulisan ini sebenarnya adalah lanjutan dari status saya di FB yang mana saya menulis status tersebut karena pada waktu itu adalah hari pertama harga BBM naik setelah diputuskan oleh presiden Jokowi.

Pada hari pertama tersebut, beranda FB saya dipenuhi dengan status yang hampir kesemuanya mengungkapkan ketidak setujuan terhadap kebijakan presiden tersebut, meski dengan redaksi yang berbeda, ada yang mengumpat, ada yang mengejek, ada yang mencemooh, dan berbagai variasi lainnya.

Tapi ada satu hal yang membuat saya tertarik, yaitu ketika saya membuka email saya, ada salah satu kiriman email dari teman yang ternyata tidak mengumpat dari kenaikan BBM, tapi dia malah memberikan satu solusi terkait dengan kenaikan BBM tersebut.

Pertanyaan pentingnya adalah..

Mengapa kita selalu terjebak dalam masalah..?? Mengapa kita selalu terfokus pada masalah yang terjadi..?? Mengapa kita sepertinya ‘lebih senang’ menyalahkan orang yang membuat masalah..??

Yupz, kita selalu terfokus pada masalah yang terjadi, kita selalu menyalahkan orang yang menyebabkan masalah itu terjadi.

Pertanyaan penting kedua adalah..

Apakah dengan melakukan semua itu masalah akan segera selesai..?? Masalah akan hilang..??

Tentu tidak, sobat. Bahkan yang terjadi malah saling benci, saling menyalahkan, bahkan masalah akan terus bertambah. Iya nggak..??

Pertanyaan penting ketiga adalah..

Mengapa kita tidak pernah (jarang) menfokuskan diri pada solusi..??

Masalah itu pasti ada dalam kehidupan kita, masalah itu akan selalu terjadi dalam hidup kita. Lalu jika memang begitu, mengapa kita harus menghindarinya..?? Mengapa kita harus mengecam orang yang menyebabkannya terjadi..??

Bukankah lebih bijak kalau kita mencarikan atau memberikan solusi terhadap masalah itu..?? Bukankah yang dibutuhkan oleh kita adalah selesainya masalah itu. Dan masalah itu akan selesai jika ada solusi cerdas untuk menyelesaikannya.

Ebook ‘The Solution Secret‘ karya mas Rahmat mengupas tuntas bagaimana menghancurkan apapun masalah anda hingga ke akar-akarnya, Klik Disini untuk mendownloadnya.

Mengakhiri tulisan ini, saya ingin mengatakan kalau saya menulis ini bukan untuk menggurui, karena saya hanya ingin berbagi ide liar saya melalui blog ini hehe. Jika ada yang kurang setuju, mari kita diskusikan di kolom komentar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *