Anda Tidak Akan Pernah Suka Membaca Buku, Jika...

Membaca Buku

Mengatasi Malas Untuk Membaca Buku

Ingin suka baca buku..?? Ingin menjadi kutu buku..?? Ah.. gampang, cukup dengan melahap tulisan ini sampai selesai anda akan menemukan gerbang pembuka bagaimana anda akan sangat bergairah saat melihat setumpuk buku :-D

Banyak yang bertanya kepada saya entah itu langsung atau lewat medsos tentang bagaimana sih agar semangat dalam membaca buku, Alhamdulillah sampai detik ini saya masih diberi semangat yang membara untuk terus membaca.

Ada banyak orang yang menginspirasi saya kenapa saya begitu semangat untuk membaca buku, meski akhir-akhir ini yang saya baca mulai berubah. Jika beberapa tahun yang lalu yang saya baca adalah buku fisik, sekarang saya lebih membaca buku digital atau yang lebih dikenal dengan ebook. :-)

Pada tulisan yang lain di website ini, saya sudah menulis dua artikel tentang cara mengatasi malas untuk membaca buku, setelah saya review kembali dua tulisan tersebut ternyata ada yang kurang, itulah kenapa 2 artikel tersebut kurang begitu jitu saat dipraktekkan oleh beberapa teman-temen saya, bahkan mungkin oleh Anda, pembaca blog ini ;-)

Nah.. kekurangan tersebut yang akan saya share pada tulisan kali ini, dan inilah sebenarnya gerbang pembuka agar anda benar-benar bergairah saat melihat tumpukan buku di depan anda :-D

Namun, sebelum anda mengetahui gerbang pembuka untuk menjadi kutu buku, ada beberapa alasan kenapa banyak temen-temen saya, bahkan mungkin juga anda yang ingin sekali senang membaca buku. Dan ternyata alasan-alasan tersebut membuat semangat kita besar dalam sesaat.

2 Alasan Membaca Buku Yang Menyesatkan

Yupz, Inilah alasan-alasan yang biasa temen-temen saya katakan saat saya bertanya mengapa mengapa mereka ingin suka baca buku dan ternyata alasan-alasan sangat menyesatkan, setidaknya menurut saya :-)

#Iri Melihat Orang Lain Selalu Baca Buku

Ini yang sering terjadi pada beberapa temen-temen saya, apakah termasuk anda..??

Jika keinginan anda untuk suka baca buku hanya iri melihat orang lain selalu baca buku tidak akan membuat anda tekun dan selalu suka baca buku, karena ternyata baca buku itu tidak seindah yang kita bayangkan JIKA dalam diri kita tidak tertanam suatu pondasi yang kuat, nanti saya akan share apa pondasinya. So, lanjutkan membaca.. ;-)

#Ingin Tampil Keren

Hei, ini bukan mengada-ngada, sobat. Karena, ternyata ada juga yang mempunyai keinginan seperti itu. Apakah termasuk anda..?? Semoga tidak..

Yaa banyak yang ingin baca buku hanya karena ingin tampil keren. Karena katanya, orang yang suka baca buku banyak orang yang suka, betul..?? katanya sih gitu :-P

Akan tetapi, dalam pengamatan saya dari beberapa temen yang ingin tekun baca buku hanya karena ingin tampil keren, dia tidak bertahan lama dalam membaca, karena seperti yang saya katakan di atas bahwa membaca buku tidak seindah yang kita bayangkan JIKA tidak dibarengi dengan pondasi yang kuat dalam diri kita.

Nah tiba saatnya saya share tentang pondasi dasar yang seharusnya tertanam sejak awal dalam diri kita sebelum kita baca buku, tanpa pondasi dasar ini kemungkinan besar rasa semangat kita dalam membaca hanya sesaat dan akan cepat pudar.

Seperti rumah, jika tidak ada pondasi dasarnya, coba anda bayangkan :-)

3 Pondasi Dasar Agar Anda Tidak Malas Untuk Membaca Buku

Setidaknya ada 3 pondasi dasar yang seharusnya tertanam dalam diri kita sebagai berikut:

#Kemauan Untuk Belajar

Yupz, sangat sederhana sekali tapi banyak yang mengabaikannya.

Seperti yang telah saya katakan di atas, jika hanya ingin tampil keren atau iri melihat orang lain, tanpa ada kemauan dan keinginan dalam dirinya untuk belajar, karena membaca tidak seindah yang kita bayangkan, maka membaca akan terasa sangat membosankan.

Jika dalam diri kita ada kemauan dan keinginan untuk belajar, maka membaca akan terasa sangat menyenangkan. Karena membaca adalah salah satu cara terindah untuk belajar. :-)

#Keinginan Untuk Mengembangkan Kualitas Diri

Untuk apa kita belajar..?? Untuk apa kita membaca buku..??

Salah satu jawaban terbaiknya adalah untuk mengembangkan kualitas diri kita, dengan membaca maka wawasan kita akan bertambah, keilmuan kita akan berkembang, dan pengetahuan kita semakin terasah.

Yupz, selain kemauan dan keinginan untuk belajar, hal yang harus tertanam dalam diri kita adalah keinginan untuk mengembangkan kualitas diri kita.

Mereka yang sehari-harinya bergelut dengan buku sadar akan hal ini, dunia akan terus berubah, persaingan akan terus bertambah. Jika kualitas diri kita masih sama dengan kemaren, maka kita sulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan.

Salah satu cara menyesuaikan diri dengan perubahan adalah dengan meningkatkan kualitas diri kita, dan untuk meningkatkan kualitas diri kita adalah dengan belajar. Kemudian, salah satu cara Terindah untuk belajar adalah dengan membaca buku. :-)

#Terbuka Terhadap Hal Baru

Hal lain yang juga harus tertanam dalam diri kita adalah terbuka terhadap hal baru.

Yupz, karena membaca buku sama seperti mengarungi lautan tanpa tepi dan menyusuri hutan luas.

Saat kita membaca, kita akan menemukan hal-hal baru, kita akan menemukan sesuatu yang berbeda dari apa yang pernah kita ketahui sebelumnya.

Jika kita tidak terbuka terhadap hal-hal baru, maka membaca akan terasa sangat menjenuhkan.

Itulah 3 pondasi dasar yang harus tertanam dalam diri kita sebelum kita berenang dalam lautan buku, sehingga tumpukan buku yang ada di hadapan kita bukan lagi menjadi sesuatu yang menakutkan, tapi akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. :-)

Akan tetapi, sobat. 3 pondasi di atas akan cepat tertanam dalam diri kita jika dalam diri kita sudah terbentuk mindset positif. Yupz, jika anda masih memiliki pola pikir negatif maka akan sangat sulit bagi anda untuk memiliki 3 pondasi dasar di atas.

Lalu bagaimana cara mindset positif kita..?? Bagaimana cara memiliki pola pikir positif..?? Bagaimana cara menghilankan pikiran negatif..?? Untuk jawaban ini tidak saya bahas disini, karena akan sangat panjang bahasannya.

Akan Tetapi, sobat. Jika anda ingin belajar bagaimana membentuk mindset positif dalam diri anda, Anda bisa membaca ebook ‘Beautifull Mind Power’nya Kang Rahmat, ebook yang akan menuntun Anda untuk menghilangkan mindset negatif dan memiliki pola pikir yang positif. Klik Disini untuk memilikinya. Anggap Saja ini adalah latihan awal anda untuk menjadi kutu buku :-)

Kesimpulan

Membaca buku tidak seindah yang kita bayangkan, jika tidak tertanam pondasi dasar dalam diri kita. 3 pondasi dasar yang harus tertanam dalam diri kita adalah keinginan untuk belajar, keinginan untuk meningkatkan kualitas diri, dan terbuka terhadap hal baru. 3 pondasi tersebut akan cepat tertanam dalam diri kita jika dalam diri kita sudah terbentuk yang namanya Mindset Positif, sehingga Membaca akan terasa sangat indah dan menyenangkan.

Anda juga bisa membaca tulisan lain:
4 Cara Jitu Menghilangkan Rasa Malas Dalam Baca Buku
[Study Case] 5 Rahasia Saya Baca Buku Penuh Semangat Membara Hingga 100 Halaman Lebih

Terimakasih, Semoga Bermanfaat
Silahkan di”Share” Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat dengan menekan tombol share di layar bagian bawah. :-)
Tulisan Di atas Bermanfaat..?? Silahkan Bagikan Ke Teman-Teman Anda Dengan Menekan Tombol Share Dibawah

Tulisan Menarik Lainnya

Belum ada tanggapan untuk "Anda Tidak Akan Pernah Suka Membaca Buku, Jika..."

Post a Comment