Tahukah Anda, 3 Cara Dahsyat Agar Pendapat Anda Diterima Saat Rapat atau Diskusi

Cara Memberikan Pendapat Saat Rapat atau Diskusi
Pernah tidak anda mengemukakan pendapat dengan begitu menggebu-gebu saat ada di forum diskusi atau rapat, tapi ternyata pendapat anda dikritik habis-habisan dan bahkan ditolak..?? Bagaimana perasaan anda..??

Ada banyak teman-teman saya yang menanyakan hal ini, bagaimana cara agar pendapat kita bisa diterima dengan baik saat kita ada di forum diskusi ataupun forum rapat.

Saya mencoba mengkaji apa yang pernah saya alami dan apa yang pernah teman-teman saya lakukan pada saat di forum rapat, dan Alhamdulillah saya sedikit menemukan polanya meski hanya sedikit tapi Insyaa Allah akan sangat membantu.

Sekedar bercerita, tanpa bermaksud menyombongkan diri. Saat saya ada diforum diskusi ataupun di forum rapat, hampir setiap saya mengemukan pendapat saya, pendapat saya diterima dengan baik, atau paling tidak pendapat yang saya kemukakan bisa memberikan pencerahan, sehingga bisa memberikan ide dan inspirasi pada teman-teman yang lain untuk menemukan pemecahan terhadap masalah yang sedang didiskusikan.

Yupz, ada banyak teman-teman saya bertanya akan hal ini kepada saya, awalnya saya memang tidak tahu kenapa saya bisa begitu, tapi semakin banyak yang bertanya akan hal ini membuat saya mempelajari pola ini, saya pelajari apa yang pernah saya lakukan dan juga saya pelajari apa yang pernah teman-teman saya lakukan.

Akhirnya saya sedikit menemukannya dan itulah mengapa saya menulis artikel ini, meski sedikit tapi insyaa Allah bisa membantu asal dipraktekan dengan serius.

Ada 3 langkah yang harus anda miliki dan yang anda lakukan agar pandangan atau pendapat anda bisa diterima atau bahkan ditunggu oleh khalayak ramai.

1. Jangan Kemukakan Pendapat Anda
Mungkin tips yang pertama ini agak sedikit aneh. Yupz, ini memang aneh, tapi anda akan segera mengerti setelah membaca penjelasan pada pragraph selanjutnya :-)

Tidak mengemukakan pendapat bukan berarti selamanya kita diam dan terus tidak mengungkapkan pandangan kita, tapi kita biarkan orang lain terlebih dahulu mengemukakan pendapatnya.

Setiap manusia mempunyai sifat ego yang tinggi, jika anda mengemukakan pandangan anda lebih dahulu, maka teman anda atau orang lain yang mendengarkan pendapat anda secara tidak langsung menolak pandangan anda.

Setiap orang mempunyai pendapat masing-masing, dan setiap orang ingin pendapatnya diterima termasuk anda, betul apa benar..?? :-)

Karena itu, jika anda mengemukakan pendapat anda terlebih dahulu dan mengacuhkan pendapat orang lain, maka orang lain cenderung akan juga mengacuhkan dan menolak pendapat anda.

Jadi, jangan kemukakan pendapat anda terlebih dahulu dan biarkan orang lain mengemukakan pendapatnya.

2. Fokus Pada Pendapat Orang Lain
Langkah kedua adalah fokus pada pendapat orang lain bukan fokus pada pendapat kita sendiri.

Meskipun orang lain sudah mengemukakan pendapatnya, bukan berarti kita langsung melontarkan pendapatkan kita. Tapi fokuskan dulu pikiran dan diskusi kita untuk mengkaji pendapat orang lain.

Kita lihat bagaimana pendapat orang lain, apa kelemahannya, apa kelebihannya. Dengan begitu kita akan mendapatkan ide baru sebagai tambahan untuk pendapat kita.

Karena kita sudah mengkaji dan mengetahui kelemahan dan kelemahan pendapat mereka dan mengemukakannya pada mereka, maka secara tidak langsung kita memberitahu mereka bahwa anda mempunyai pandangan yang berbeda dan bahkan tanpa kelemahan :-D

Jadi biarkan mereka menunggu dan teruslah kaji pendapat mereka, fokuskan pembicaraan dan diskusi kita pada pendapat mereka.

Dan pada poin ini yang perlu anda perhatikan adalah...

Jika pendapat teman anda memang bisa diterima dan bisa menjadi solusi terhadap masalah yang sedang didiskusikan, maka terimalah pandangan mereka tanpa perlu mengemukakan pandangan anda sendiri.

Bukankah dengan menghargai pendapat orang lain, maka kita akan mendapatkan penghargaan dari orang lain.

Lalu kapan kita bisa mengemukakan pendapat kita..?? Yupz, anda bisa mengemukakan pendapat anda, saat anda merasa bahwa pendapat orang lain kurang bisa menjadi solusi terhadap masalah yang sedang didiskusikan atau anda merasa bahwa anda mempunyai pandangan yang lebih hebat dari pandangan orang lain.

Luruskan pendapat orang lain jika memang perlu diluruskan. Kritisi pendapat orang lain jika memang pandangan orang lain jika memang perlu dikritisi. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah bukan karena dalam rangka agar pendapat kita diterima dan membuang pendapat orang lain, tapi memang karena mencari kebenaran dan mencari solusi cerdas.

Dan pada saat tidak ada lagi pendapat orang lain yang sanggup memecahkan masalah yang sedang didiskusikan, atau kalaupun ada tapi masih ada banyak kelemahan..

Pada saat itulah saatnya anda mengemukakan pendapat anda kepada forum, karena pendapat anda sedang ditunggu oleh teman-teman disksusi atau rapat anda, karena sejak awal yang anda lakukan adalah mengkaji pendapat dan pandangan orang lain.

Kemukakanlah pendapat anda di saat orang lain memang siap menerimanya, insyaa Allah pendapat anda akan mudah diterima.

Dan tentu masih ada banyak syarat lagi agar pendapat diterima dengan senang hati dan bahkan ditunggu disaat anda memutuskan untuk diam, salahnya satunya adalah poin ketiga ini..

3. Pendapat Anda Harus Kreatif
Yupz, meski anda sudah melakukan dua langkah di atas, jika saat anda mengemukakan pendapat atau pandangan anda dan ternyata ide yang anda lontarkan tidak mengandung sesuatu yang baru, maka kemungkinan besar pendapat anda tidak diterima. Karena itu, kreatifitas sangatlah penting dalam hal ini.

Saat anda kreatif, anda akan menemukan banyak hal baru yang bisa anda tawarkan kepada teman-teman anda, anda bisa memiliki pendapat atau ide yang tidak pernah terpikirkan oleh teman-teman anda.

Dan yang pasti, teman-teman anda akan selalu senang mendengarkan pendapat dan ide, dan bahkan menunggunya disaat anda diam. Itulah asyiknya jika anda kreatif. :-)

Dan jika anda tidak kreatif, maka pendapat atau pandangan yang anda tawarkan itu-itu saja, dan tidak ada perubahan. Dan tentu hal tersebut akan membuat orang-orang yang akan mendengarkan pandangan anda merasa biasa-biasa saja.

Dan kabar baiknya, kreatifitas itu bisa dilatih. Itu artinya setiap orang bisa menjadi kreatif, termasuk anda tentunya. Tinggal kita mau belajar atau tidak.

Salah satu tempat belajar meningkatkan kreatifitas yang saya rekomendasikan adalah kursus “Andapun Bisa Jenius”, sebuah kursus jarak jauh yang akan membimbing anda untuk mengembangkan kreatifitas anda dan menemukan ide brilian dalam 30 menit. Klik Disini untuk mengikuti kursus ini.

Coba bayangkan, saat anda mengikuti pembelajaran ini, anda bisa menghasilkan ide-ide kreatif baru yang bisa menjadi solusi-solusi cerdas di saat anda membutuhkannya.

Saat anda membuka http://www.bit.ly/andabisajenius dan mengisi form pendaftaran, itu artinya anda siap menjadi manusia super kreatif yang bisa menghasilkan ide-ide brilian.

Sekian tulisan saya kali ini tentang bagaimana agar pendapat kita diterima oleh forum saat rapat atau diskusi, semoga bisa memberi inspirasi buat anda.

Silahkan di”Share” jika tulisan ini bermanfaat dengan menekan tombol share dilayar bagian bawah :-)
Tulisan Di atas Bermanfaat..?? Silahkan Bagikan Ke Teman-Teman Anda Dengan Menekan Tombol Share Dibawah
loading...

Baca Satu Lagi Yak! :-)

2 Tanggapan untuk "Tahukah Anda, 3 Cara Dahsyat Agar Pendapat Anda Diterima Saat Rapat atau Diskusi"