Bayangkan, Rasa Malas Anda Hancur Gara-gara 5 Langkah Ini

Serius ingin mengatasi rasa malas yang selalu mengganggu hidup Anda setiap hari..??

Cara Menghilangkan Malas

Sebelum Anda membaca tulisan ini sampai selesai, ada satu hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu dan ternyata ini yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang.

Apa itu..??

Yess, Jika Anda mencari di google tentang tips menghancurkan malas, Anda akan menemukan banyak sekali cara-cara yang ada, mulai dari yang 9 jurus, 7 jurus, dan lain sebagainya.

Lalu apakah dari kesemua jurus-jurus tersebut bisa membuat rasa malas Anda hilang..??

Nah.. Ini yang perlu Anda sadari di sini (dan karena itulah Anda beruntung membaca tulisan ini ^_^ )Bahwa semua cara-cara tersebut, bahkan tips-tips di artikel ini bisa sia-sia, jika Anda HANYA membacanya.

Yupz, kebanyakan orang Hanya membaca cara-cara mengatasi malas tanpa pernah mempraktekkan langkah-langkah tersebut, Bahkan yang lebih parah hanya membaca judulnya saja tanpa pernah membaca semua cara-caranya.

Bagaimana bisa Rasa Malas itu Hancur dan Hilang Jika cara-cara yang ada hanya dibaca tanpa pernah dipraktekkan, betul..??

Semoga Anda tidak termasuk dari orang-orang tersebut yang hanya membaca tanpa pernah mempraktekkan. (Katakan Amien dalam hati ^_^ )

Sampai disini, sekali lagi saya ingin bertanya. Maukah Anda menghilangkan rasa malas yang selalu membuat Anda tersiksa..?? Katakan "YESS..!!" dengan keras dalam hati ^_^

Dan Maukah Anda melakukan dan mempraktekkan langkah-langkah yang ada di artikel ini..?? Sekali lagi, katakan *YESS..!!* dengan keras dalam hati. ^_^

Dan saya yakin anda pasti bisa mempraktekkannya, karena cara-cara yang saya share pada tulisan ini sangat sederhana dan mudah sekali untuk dipraktekkan, karena saya juga sering mempraktekkan.

Oke, sobat. Agar tidak panjang lebar, saya akan langsung menjabarkan ke-5 langkah untuk menghadapi rasa malas ini, boleh..?? Boleh ^_^

Mau mempraktekkan langkah-langkahnya..?? Mau, mau banget :-)

Ini dia yang Anda tunggu-tunggu ^_^

1. Merubah Cara Bergerak
Pikiran, Rasa dan Tubuh itu saling berkaitan dan saling mempengaruhi, saat kita sedih, maka tubuh kita menjadi lemah, tatapn mata kita menjadi kosong, kepala selalu menunduk dan lain sebagainya. Pun begitu, saat kita merasa malas, itu juga mempengaruhi cara tubuh kita bergerak.

Karena itu, ubahlah cara anda bergerak, maka rasa malaspun akan berubah menjadi semangat. Contoh, loncat-loncat, membuat tubuh menjadi tegap entah saat berdiri ataupun duduk, lakukan dan tersenyumlah, maka perlahan rasa malas anda mulai hancur.

Lakukan saja, bukankah Anda berjanji untuk praktik..?? ^_^

Yuukk kita lanjut ke jurus kedua :-)

2. Merubah Cara Berbicara
Selain berpengaruh terhadap cara bergerak, rasa dan pikiran juga mempengaruhi cara kita berbicara.

Disadari atau tidak, saat kita malas, cara bicara kita juga ikut berubah, yang mengeluh lah, yang mulai lemas lah dan lain sebagainya. Iyya khan..?? :-)

Karena itu, untuk menghilangkan rasa malas Anda, ubahlah cara Anda berbicara, dari yang awalnya lemas menjadi bergairah.

Sekarang coba katakan "YESS..!!" dengan tangan terkepal dan tubuh tegap, dan rasakan kalau rasa semangat mulai menyelimuti Anda.

Itulah kenapa para motivator memiliki ciri khas dalam setiap kata-katanya, seperti TDW dengan kata "DAHSYAT"nya, karena cara kita berbicara dan kata-kata yang selalu kita pilih ikut mempengaruhi tehadap rasa kita.

3. Bergaullah HANYA Dengan Orang Yang Positif
Rasa dan cara kita melihat selalu dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. Mereka, orang-orang yang selalu semangat dan tidak malas, dikelilingi oleh orang-orang yang semangat pula.

Jika Anda selama ini selalu merasa malas, coba lihatlah teman-teman yang sering bergaul dengan Anda, apakah pemalas atau sering mengeluh? Jika iya, cobalah untuk menghindari komunikasi atau paling tidak, meminimalisir komunikasi dengan mereka.

Hal ini bukan berarti kita sombong dengan menjauhi mereka, tapi ini demi tercapainya tujuan kita, dan nanti setelah kita berhasil kita bisa bersama mereka untuk membawa mereka menjadi lebih baik.

Lalu carilah orang-orang positif yang memang benar-benar bisa membuat Anda Semangat dan bergairah untuk melakukan aktifitas Anda dan menggapai impian Anda.

Lalu bagaimana jika Anda tidak bisa lepas (menjauh) dari orang-orang yang negatif?

Nah, ini yang juga sering saya alami. Saya bergabung di komunitas online yang berisi orang-orang positif, seperti group FB, group WA, dan yang lainnya, dan pastikan kalau member dari group tsb hanyalah orang-orang positif. Anda boleh meniru cara yang saya lakukan.

Yuukk lanjut ke jurus dahsyat selanjutnya ^_^

4. Dengarkan Audio Motivasi
Yess, ini yang sering saya lakukan yaitu mendengarkan Audio Motivasi.

Ada banyak Motivator yang merekam materi motivasinya dalam bentuk Audio yang bisa Anda dengarkan untuk membangkitkan semangat Anda.

Salah satu Audio Motivasi yang saya rekomendasikan Spesial untuk Anda adalah Audio Anti Malas milik Kang Rahmat owner Motivasi Islami, Koleksi audio motivasi terpilih untuk menghilangkan malas dan membangkitkan semangat HANYA dengan mendengarkan Audio tersebut. KLIK DISINI Untuk mendapatkan Audio Dahsyat tersebut.

5. Action Meski Hanya Sedikit
Yaa, ini yang juga tak kalah penting. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan meski hanya sedikit, karena rasa malas itu ada karena kita belum melakukan sesuatu. Paksalah untuk melakukan meski hanya sedikit, nanti juga akan asyik melakukannya.

Mungkin hanya itu yang bisa saya share pada tulisan kali ini, semoga Anda bisa menghilangkan rasa malas Anda setelah Anda melakukan semua langkah-langkah di atas. Bukankah Anda sudah berjanji untuk mempraktekkan semuanya..?? ^_^

Terimakasih..!!

NB: Jika Anda ingin Lebih Cepat menghancurkan Rasa Malas Anda, Maka Dengarkan Audio Anti Malas milik Kang Rahmat ini, Tak perlu cara khusus, Anda HANYA perlu mendengarkan Koleksi Audio ini lewat HP Anda, dan Rasa Malaspun Lari Tunggang Langgang. Anda Boleh KLIK DISINI untuk mendapatkan Audio ini.

Tulisan Di atas Bermanfaat..?? Silahkan Bagikan Ke Teman-Teman Anda Dengan Menekan Tombol Share Dibawah
loading...

Baca Satu Lagi Yak! :-)

114 Tanggapan untuk "Bayangkan, Rasa Malas Anda Hancur Gara-gara 5 Langkah Ini"

  1. Gan anda umur brp sih ??

    ReplyDelete
  2. Saya juga malas2 an mas.. mohon bantuannya.. kalo boleh get in touch by phone. Saya job nya bikin web mas.. udah tau cara dll tinggal doing aja tapi malas nya sangat... apalagi kalo d dlm kammar bawaanya malas... fuck u malas.. bbbantu gw mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 1 tip yg mungkin dahsyat, coba anda anggap job itu adalah kebutuhan anda,tentu pekerjaan anda akan menyenangkan. selagi anda anggap itu job bagi anda, maka anda akan merasa terpaksa melakukannya..

      Salam Luar Biasa..!!

      Delete
  3. ♍αkªŠīĥ atas sharingnya sy akan langsung mencobanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp dah Sob, Selamat Mencoba Dan Semoga Bermanfaat..!!! :-bd

      Delete
  4. Thx bgt gan bermanfaat bgt nih tipsnya

    ReplyDelete
  5. terima kasih banyak atsa ilmunya sobat dan salam kenall !!!

    ReplyDelete
  6. poweeee full banget tipsnya dn terima kasih sudah mau berbagi kawan!!!

    ReplyDelete
  7. Gan aq punya rasa malas nih untuk pergi kesekolah dan malas belajar bagaimana cara mengatasinya? Please jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa faktor yang membuat kita itu malas belajar atau sekolah, salah satunya adalah tidak punya keinginan yang kuat dan tidak ada target yang jelas. jika keinginan itu ada dalam diri kita, tentu kita akan dengan senang hati melakukannya. atau kita punya target dan tujuan yang jelas maka langkah kita akan terarah dan selalu optimis untuk meraih tujuan kita...

      Selamat Menemukan Kinginan dan Target..!!!

      Delete
  8. artikel bagus min :-bd

    ReplyDelete
  9. |o| q jGha Males nih,,, Hnyaa Satu yaitu cwek pasti q lngsung smngat tp trkdng cwek bwt BADmood

    ReplyDelete
  10. beberapa point diatas penting utntuk disimak, thanks gan.. :D

    ReplyDelete
  11. Gan saya malasnya kalau sudah liburan sekolah,, biasanya kalau bangun pagi selalu pengen tidur trus,, cara ngilanginnya gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Agan baca postingan saya di http://www.lutfihamid.com/2014/09/inilah-cara-saya-mengatasi-rasa-malas.html :-)

      Delete
  12. Gan gimana nih dilawan kepala pada sakit dimanja makin jadi malesnya... tolong dong gan bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo keinginan untuk melakukan sesuatu itu ada dalam diri kita, tentu semangat kita membara.
      Lalu yang membuat semangat kita kendor meski keinginan itu ada adalah kita merasa tidak mengetahui bagaimana untuk melakukannya.
      Solusinya adalah Munculkan kembali goal kita, lalu belajarlah bagaimana mencapainya.
      Semoga tulisan ini membantu..!! :-)

      Delete
  13. makasih sob triknya. mudah"an saya bisa termotivasi lagi..
    gan tolong bantu yah kunjungi juga blog saya http://buatsehatt.blogspot.com/
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, balek sob. saya segera meluncur :-)

      Delete
  14. makasih tipsny...smga dpt mmbri motifasi ke sya.krn setiap pagi sya sllu mrskn mlas untuk mlkkn aktifitas.

    ReplyDelete
  15. kenalin gan
    Nama :YOGA JESAY TARIGAN
    PEKERJAAN: PELAJAR (SMA)
    Gan, gini gan akhir ini aku sngat pemalas "ngapai aja", jadi di kelas rangkin terakhir!! kesal sih
    kesl itu belum begitu besar jadi malas nya gx bisa hilang !! hari itu gan cuma 5 kali Kerjakan PR selama 1 semester, bayangin betapa mls nya aku ini. di rumah jga sma klo di perintah, gx pernah dengerin orang tua,, aku sih ingin berubah tapi malas ku susah hilang
    sekarang gan mungkin kah aku bisa berubah??
    apa sdh berakhir, atau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal juga..!!
      Saya mencoba memberikan pandangan saya, sebenarnya masalah berubah atau tidaknya itu tergantung anda, mau berubah atau tidak. Jika keinginan untuk berubah itu kuat, maka insyaallah akan selalu ada jalan keluar untuk itu.
      Yang selanjutnya, untuk rasa malas itu sebenarnya hanya di awalnya saja, yaitu untuk memulai melakukannya, jika kita sudah memulai maka rasa malas sedikit demi sedikit akan hilang, dan salah satu cara menghilangkan rasa malas untuk memulai pekerjaan adalah dengan mendengarkan audio anti malas, silahkan mas Download Disini
      Terimakasih..!! :-)

      Delete
    2. Wach..... Bisa di coba mulai sekarang....m Bismillah....

      Delete
  16. gue cuma mau belajar ngeblog yang baik ama loe bisa qa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan blogger yang baik, mas. tapi kalau mas mau diskusi seputar blogging, boleh gak papa, mas. bisa mas add FB, atau pin BB saya di pojok atas :-)
      Thanks So Much

      Delete
  17. terimakasih
    saya baru belajar buat blog ,kunjungi perempuanganda.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. gan, berilah saya tips dan trick ampul supaya rajin dan gak mau ninggalin sholat 5 waktu lagi, trims berat ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih mencari tips yang sekiranya gampang dilakukan, tunggu saja artikelnya. semoga menemukan tips yang sekiranya asyik :-D

      Terimakasih Kembali

      Delete
  19. PEMALAS......... HIDUP ADALAH WAKTU......... INGAT SOB........ HANYA SATU KALI INI AJA KITA HIDUP DI DUNIA........, SO.........., SAY NO TO LAZY

    ReplyDelete
  20. Buang jauh-jauh rasa malas jika kau ingin sukses

    ReplyDelete
  21. Gan.. mau cerita sedikit nih.. masih 1 pembahasan sama blog ini.. sy dulu tpatnya 2013 anak yg rajin suka belajar sampe gk inget waktu dan solat selalu on time walau jarang berjamaah.. singkatnya pas mau masuk kerja pertama kali akhir 2013 sampe 14 kok sy jadi males buka buku yaa gan, klo solat gk alhamdulilah gk ketingglan cuma suka ngaret ajh kadang2.. Dalam hati peengeen Bangeet gan balik lagi Seperti dulu yg rajin belajar solat On time..

    Gan klo kya gini karna faktor apa yaa.. apa grgr ane kerja.. -__- 😟

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keinginan untuk berubah dalam hati itu masih ada, itu luar biasa. gan. itu artinya anda masih bisa mengatasi. Hanya saja mungkin butuh pembiasaan lagi dan action.
      Coba agan mulai sedikit demi sedikit apa yang ingin agan lakukan, seperti baca buku atau yang lainnya, sehingga nanti agan menemukan kenikmatan tersendiri dalam melakukannya, dan insyaallah akhirnya rasa malas itu akan hilang.

      Delete
  22. Gan, apa cara tepat untuk menyingkirkan rasa malas yang menyepelekan segala urusan, karna dalam diri saya saya merasa malas yang tumbuh dalam diri saya diiringi sifat menyepelekan atau menggampangkan suatu hal, jadi tumbuh lah rasa malas tsb ?

    thanks
    Rosid
    Karawang, Jabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah menyepelekan urusan, Insyaa Allah akan saya tulis pada artikel terbaru. soalnya agak panjang kalau dipost disini :-)

      Thanks mas Rosid for visiting :-)

      Delete
  23. Sering gagal juga bisa menjadi penyebab timbulnya kemalasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mbak. tapi jika kita menyikapinya secara positif, insyaa Allah kita bisa mengatasinya :-)

      Delete
  24. Luarbiasa. Brilliant idenya gan.... 3 point penting diatas juga sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan.
    1). Positive thinking - tidak menganggap rintangan sebagai kendala namun sbg ujian untuk naik kelas
    2). Mempunyai buku saku catatan Rancangan Impian dan terus berfokus untuk mencapainya
    3). Semangat dan penyemangat - biasanya Orang yang mempunyai impian akan selalu bersemangat dan perlu adanya penyemangat/ dukungan dari orang2 sekitar untuk meningkatkan semangat dan rasa percaya diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas tambahan dan kunjungan, sist :-)

      Delete
  25. Bener bnget, malas ini seperti teman sehari-hari gua mas, akibatnya saya gagal di wisuda taun ini hanya karna 'malas' yg jadi pembodohan akhirnya.

    ReplyDelete
  26. assalamualaikum.,
    saya tahu bagaimana cara menghilangkan rasa malas,tapi yang sangat susah bagi saya adalah mempraktekkannya,misalnya saja pada saat belajar saya mudah bosan pada saat belajar,yang saya fikirkan adalah setelah belajar saya akan main fb,mohon tips nya lah kakak supaya saya bisa hilang dari kebiasaan buruk saya ini.,terima kasih banyak:)
    wassallam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam..

      menurut pribadi saya, salah satu penyebabnya adalah sulit untuk konsentrasi atau fokus. untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan membuat jadwal aktifitas, misalnya belajar jam berapa, FB-an jam berapa. Insyaa Allah bisa meningkatkan fokus.

      Cara lain selain membuat jadwal, adalah dengan mengendalikan pikiran kita, karena penyebab dari sulitnya kita untuk konsentrasi adalah kita dikendalikan oleh pikiran kita, jika kita bisa mengendalikan pikiran kita, maka kita akan mudah mengendalikan aktifitas-aktifitas yang akan kita kerjakan.

      Ada ebook tentang pikiran yang sangat bagus untuk kita baca, bisa mbak dapatkan disini http://bit.ly/beatifulmind

      Semoga Membantu
      Terimakasih

      Delete
  27. Gan ane mulai klas 2sma ini sering bgt males2nya soalnya tmn deket aku tu jga males2 gitu jadi kyk "ah gausah ngerjain tugas ini ah.. tmn ku ya gk ngerjain ; ah gausah belajar tmn ku ya gk belajar" tapi dia ranking&nilai nya pada bagus2 gtu sedangkan nilaiku rendah2 tp ak juga belajar & ak jg suka main game online kadang suka males rapiin buku dll dan kalau nyiapin jadwal bwt bsk selalu pagihari... solusinya gmn ya gan :( ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal juga udah Belajar keras sedemikian rupa Capek nya ngos"an sampe otak jebol lemes kringetan . .Tetap saja Kalah sama yang Malas"an Hobi ngeGAME , Tugas ga pernah ngerjain & Belajar pun jarang ..

      Delete
  28. mantap tips nya gan ngga ribet , simple, padat dan kayanya efektif w coba dulu hehehehe,,, makasih gan

    ReplyDelete
  29. saya sering malas, karena saya menganggap malas itu menyenangkan, rilexs dan santai, jd otot dan otak gk tegang.tp ini mungkin gk baik bagi masadepan kita. tp entahlah, saya juga malas memikirkanya,,, apa saran anda untuk diri saya agar lebih baik, dan tidak selalu malas malasan terus, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira-kira apa keinginan terbesar dalam hidup mas Teguh..?? ^_^

      Delete
  30. gan gw malas baca artikel ini, gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu penyakit lain lagi mas...

      Delete
    2. Sebenarnya bukan malas membaca, Tapi mungkin malas praktek. Itu sudah biasa...

      Jika memang malas membaca, tidak mungkin sampai ke kolom komentar dan bahkan menulis komentar yang itu membutuhkan waktu lebih lama dari sekedar membaca.

      Thanks so Much :-)

      Delete
  31. Gan, kalo malas itu cuma gara gara takut capek doang, kaya mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capek kan sudah alami, sist. Jadi mau melakukan apapun, rasa capek itu selalu menanti. Karena, rasa capek itu merupakan suatu keniscayaan..

      Yang perlu anda pikirkan adalah jika melakukan ini bagaimana nanti manfaatnya, dan jika tidak melakukan ini bagaimana nanti deritanya..

      Delete
  32. gan kadang gua suka bingung sama jalan hidup gua yang gini gini gitu gitu , gak ada perubahan , flat dan pas , pingin deh ada yang baru atau sesuatu yang bisa bikin berubah gimana ya, rasa mentalblock kayanya dalam banget ini hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pengen sesuatu yang baru, cobalah melakukan sesuatu yang berdeda dari sebelumnya yang tentunya bermanfaat..

      Mulailah dengan mencari teman baru entah itu di offline maupun di online, yang pastinya teman yang positif, bukan yang malah membuat kita semakin galau :-D

      Delete
    2. Nikah mba biar berubah 720 derajat hehehehe. Good luck

      Delete
  33. Makasih mas..
    saya baru memulai ngeblog juga..
    masih belum rapi nih mas : www.sirajablog.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali :-)

      Blognya keren kok

      Delete
  34. Entah Mengapa selalu malas berangkat sekolah di pagi hari .. karena malas yang udah KEBANGETEN saya jadi Sering bolos =_=" Dan hari pertama bolos membuat saya berpikir negatif jika nantinya saya berangkat kembali , yang saya pikirkan jika berangkat lagi : Di cemoohin kawan" , Di bilang bodoh karena ktinggalan pelajaran dan di jauhi teman" . . Tolong Solusi nya gan . .=_="

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dua hal yang sebenarnya terjadi:

      Pertama, malas sekolah. Solusinya, kira-kira apa tujuan kita sekolah..?? Demi siapa kita sekolah..?? Siapa yang bahagia jika kita sekolah..?? Dan siapa yang bersedih ketika tidak sekolah..?? Renungkan dan temukan jawabannya

      Kedua, takut dicemoohin kawan, ini sebenarnya karena masalah kurang percaya diri. Solusinya, tingkatkan kepercayaan diri. Di blog ini ada beberapa artikel seputar percaya diri, silahkan dibaca ^_^

      Delete
  35. kalo saya, faktor penyebab malas terbesar saya adalah diantaranya, jarang bangun pagi, kurang percaya diri karena kelemahanku sendiri, selalu dicemohin, or diremehkan orang
    saya juga tidak dapat olahraga yang berkaitan dengan permainan
    Ini gimana solusinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang jarang bangun pagi dan kurang percaya diri bisa agan baca di tulisan lain di blog ini, ada beberapa artikel yang membahas kedua hal tersebut.

      Terimakasih sudah mau membaca ^_^

      Delete
  36. MALAS PENYAKIT PALING SADIS .. MENURUT SAYA .. INFORMASI MAS SANGAT INSPIRATIF..KEREN DAH ..

    ReplyDelete
  37. Nama : Fariz
    Bandung

    Assallamuallaikum Kang, hebat banget info nya sangat bermanfaat sekali, berutung sekali saya bisa baca diblog ini, oh ya kang sebenar nya saya banyak sekali goals yg saya ingin capai, tp entah mengapa sangat sulit untuk menggapainya, saya org nya sangat pemalas, selalu di tunda tunda, lebih mendahulukan kebahagiaan sesaat, saya tau saya salah, dan saya ingin berubah, saya ingin mengatur kegiatan saya agar on time terus, tp bagaimana cara nya mengubah time schedule saya dan terlebih saya pada saat ingin berubah saya suka mood an :((, maaf jadi curhat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena terlalu banyak goal bisa membuat sulit untuk menggapai semuanya. Apalagi dikerjakan berbarengan, bisa drop tubuh kita hehe

      Selesaikan dulu satu goal, baru setelah selesai bisa pindah ke goal yang lain ^_^

      Delete
  38. Makasih Gan Atas Info Ente Bekat Ente Saya Tahu Cara Menghilangkan Rasa Kemalasan saya

    ReplyDelete
  39. Replies
    1. Yang Audio Anti Malas maksudnya, kang?

      Delete
  40. Kalo saya mah … sekolah aja malas ......

    ReplyDelete
  41. Bang, mau nanya nih cara menghilangkan kebiasaan sering melamun itu gimana ya. Soalnya itu juga salah satu penyebab saya jadi malas

    ReplyDelete
  42. Gan boleh ikut gabung group WA nya? Terimakasih.

    ReplyDelete
  43. berbgai dalam kebaikan :)

    http://transparan.org















    ReplyDelete
  44. Tips yang bagus banget mas buat saya yang memang pemalas banget dan pengen merubah hidup saya ini. iya gan biar saling kenal, lagi iseng kunjungi blog ane gan di http://fordigo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  45. Makasih tipsnya, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete